Konsultasi Pernikahan

   
Contact Info     0812 8410 2222

Konsultasi Pernikahan Terbaik

Tahukah anda, penelitian menunjukkan konsultan pernikahan atau terapi perkawinan tidak selalu memberi jalan keluar yang baik bagi pasangan yang menghadapi masalah serius di dalam perkawinan mereka. Bahkan, banyak terapis menganjurkan perceraian sebagai jalan keluarnya. Padahal, biasanya orang yang sedang memiliki masalah dalam perkawinannya tidak menyadari bila mereka sedang menghadapi masalah yang serius. Konseling Pernikahan - Indra Noveldy

Jadi, harus bagaimana, dong? Haruskah kita ke penasihat/konsultan perkawinan? Berikut sejumlah panduan sebagai bahan pertimbangan pada saat Anda merasa memerlukan bantuan profesional / konsultasi pernikahan untuk memperbaiki bahtera rumah tangga.

1. Pastikan terapis yang dipilih telah berpengalaman

Sering kali seorang konsultan mengatakan, dia adalah terapis perkawinan yang baik dan sudah berpengalaman. Ia pun mengaku sudah menolong sekian banyak pasangan yang bermasalah, terutama dalam menangani salah satu pihak (suami atau istri saja dan bukan keduanya). Pada kenyataannya, kita tidak dapat mengidentifikasikan suatu jenis terapi hanya dengan jumlah klien yang datang. Terapi perkawinan memerlukan suatu keahlian dan keterampilan  khusus demi membantu mengatasi perbedaan suami-istri yang tinggal serumah.

Mereka harus mencari tahu penyebab perselisihan. Bisa saja seorang terapis amat piawai membantu seseorang dalam mengatasi suatu masalah, tetapi untuk membantu menyelesaikan masalah dari dua orang yang tinggal serumah haruslah memiliki keahlian tertentu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk menanyakan kepada si konsultan mengenai jam terbang, ilmu, dan pengalamannya.

2. Pastikan terapis Anda cenderung memberi jalan keluar yang terbaik bagi perkawinan Anda yang sedang guncang dan bukan menganjurkan perpisahan.

Jangan ragu untuk menanyakan kepada si terapis tentang persentase pasangan suami-istri yang akhirnya bercerai serta yang berhasil rukun dan bahagia lagi setelah berkonsultasi dengannya. Walaupun mungkin ia tidak akan menyukai pertanyaan tersebut dan tidak mau memberi angka yang spesifik, Anda dapat menemukan jawabannya dari raut mukanya pada saat membicarakan hal ini. Anda harus memastikan perasaan dan keyakinan Anda bahwa tujuan utama konsultan yang Anda pilih adalah mempersatukan kembali Anda dan pasangan.

3. Harus merasa aman, nyaman, dan dihormati oleh terapis

Bila terapis hanya memihak Anda atau pada pasangan, jelas ia bukan konsultan yang tepat. Terapis yang baik harus dapat mengerti permasalahan dan cerita yang disampaikan oleh kedua belah pihak dan membantu pasangan tersebut mencari jalan keluar. Bila Anda merasa tidak setuju dengan saran yang disampaikannya, sebaiknya ungkapkan dengan terus terang. Bila ia memberi umpan balik yang baik, hal itu merupakan pertanda baik. Bila tidak, sebaiknya tinggalkan terapis tersebut.

4. Pandangan terapis terhadap hubungan suami-istri berperan penting dalam hal kerja sama dengan Anda

Bicara mengenai mencintai dan dicintai serta untuk tetap saling menyintai, maka tidak ada peraturan yang universal. Oleh karena itu, bila si terapis mengatakan hanya ada satu cara dalam mencapai suatu perkawinan yang bahagia, sebaiknya cari konsultan yang lain.

5. Pastikan pasangan dan terapis menyusun sasaran dan tujuan yang konkret sedini mungkin.

Bila tidak, kemungkinannya setiap minggu sesudah terapi Anda tak akan ada kemajuan serta tidak jelas arah tujuan dari terapi tersebut. Begitu Anda sudah menentukan sasaran yang akan dicapai, sebaiknya perhatikan kemajuan yang diperoleh. Bila tidak merasakan suatu kemajuan atau keadaan tak membaik sesudah dua atau tiga pertemuan, sebaiknya diskusikan dengan si konsultan.

6. Biasanya pasangan yang sedang menghadapi masalah dalam rumah tangganya tidak tahu cara mencari jalan keluar yang terbaik.

Bila sang konsultan memusatkan terapinya pada masalah masa lalu Anda berdua, minta ia melakukan pendekatan yang berorientasi ke masa depan. Bila tidak, sebaiknya cari ahli lainnya yang mau melakukan terapi sesuai dengan permintaan Anda.

7. Memahami bahwa sebagian besar dari masalah rumah tangga dapat diatasi

Jangan biarkan si konsultan mengatakan, perubahan merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Manusia merupakan makhluk yang menakjubkan dan sanggup melakukan hal-hal yang luar biasa. Terutama untuk orang yang dicintainya.

8. Ikuti naluri

Dari naluri, Anda akan mengetahui, apakah seorang terapis akan membantu atau tidak. Jangan lakukan terapi dengan seorang konsultan yang hanya menginginkan uang Anda. Cari yang sungguh-sungguh akan membantu mengembalikan kerukunan Anda berdua.

9. Cara yang terbaik untuk mendapatkan seorang terapis yang baik adalah dari mulut ke mulut.

Tidak ada promosi yang lebih baik dibanding masukan yang diberikan langsung dari seorang pelanggan yang merasa puas. Walaupun kadang ada perasaan malu untuk mencari informasi mengenai terapis yang baik dan bagus, Anda tetap harus melakukannya demi rumah tangga Anda berdua. Jangan menyerah untuk melakukan terapi, tetapi Anda harus menyerah dengan terapi yang buruk. Andalah yang menentukan, apa yang terbaik bagi Anda. Banyak yang harus dilakukan dalam mencari nasehat dari orang ketiga yang dapat membantu menemukan jalan keluar yang terbaik bagi masalah kehidupan rumah tangga yang rumit.

Sumber: Tabloid NOVA

Ingin mendapatkan tips dan info untuk meningkatkan kualitas kehidupan pernikahan? Follow saya di twitter: @noveldy

One Response on “Konsultasi Pernikahan Terbaik

  1. Pingback: infokom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>